Kamis, 24 Maret 2011

Hikaru's Go

 

Hikaru's Go (Hikaru no Go, ヒカルの碁) adalah sebuah judul manga dan anime populer dari Jepang. Kisahnya bercerita seputar sejenis permainan papan, Go dan ditulis oleh Yumi Hotta serta digambar oleh Takeshi Obata.

Diterbitkan pertama kali di Jepang pada 1998, Hikaru no Go telah meraih kesuksesan yang besar, dan mengakibatkan permainan Go digemari secara besar-besaran. Kisah ini diterbitkan dalam 23 jilid buku yang berisi 189 bab serta 11 "omake" (bab khusus). Seri anime nya terdiri dari 75 episode - masing-masing setengah jam -, disertai episode khusus untuk Tahun Baru 2003 dan 2004.
Versi Bahasa Indonesia manga ini mulai diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo sejak bulan Juli 2004 ini dengan judul Hikaru's Go.



Cerita Hikaru no Go bermula saat seorang anak bernama Hikaru Shindo menemukan papan go di gudang rumahn kakeknya.Ia berpikir dapat menjual papan go itu karena ia membutuhkan tambahan uang saku.Sesaat setelah menyentuh papan go,tiba-tiba muncullah sosok Sai Fujiwara,pemain go jenius di zaman Heian.Sai Fujiwara telah meninggal akibat bunuh diri karena harga dirinya sebagai pemain go tercoreng.Sehingga yang muncul di depan Hikaru adalah roh penasaran Sai.Sai lalu memutuskan untuk menjadi partner Hikaru agar ia dapat bermain go lagi.
Sai pada akhirnya menjadi partner Hikaru.Perlahan tapi pasti Hikaru mulai mengenal dan mempelajari go. Begitu pula Sai yang beradaptasi di zaman yang baru.Hingga pada suatu hari, Hikaru bertemu dengan Akira Toya,pemain go berbakat yang merupakan putera dari Toya Meijin. Pada pertandingan pertama, Hikaru yang dibantu Sai dapat menang dengan mudah karena Akira tidak bersungguh-sungguh. Pada pertandingan ulang, akira mulai menunjukkan taringnya sebagai pemain go berbakat. Tapi Sai mengerahkan kekuatannya untuk membantu Hikaru, sehingga dalam sekali tebas Akira dikalahkan.Mulai saat itu, Akira bersikeras untuk mengejar Hikaru.
Hikaru telah duduk di kelas 1 SMP. Di masa SMPnya Hikaru pun mengikuti klub go di sekolahnya, tentunya karena desakan Sai. Hikaru juga pernah mengikuti turnamen go beregu sebelum masuk SMP. Melihat Hikaru yang mengikuti go beregu. Akira memutuskan mengikuti turnamen karena ingin menantang Hikaru. Pertandingan antara Hikaru vs Akira kali ini dimenangkan oleh Akira. Sebenarnya pada saat itu Hikaru kalah telak.Saat liburan panas,Hikaru mencoba bermain go melalui internet.Hikaru memutuskan memakai nama’Sai’dalam Internet.Dunia go Internet pun gempar dengan sepak terjang Sai yang bagaikan Honinbo Shukaku. Hal ini menggugah Koyo Toya “Meijin”untuk bertanding Go melawan Sai di Internet. Pertarungan berjalan seru, Toya Meijin akhirnya kalah dan memutuskan berhenti dari dunia go professional
Hikaru pun semakin matang sebagai pemain go, Teman Hikaru, Yoshitaka Waya menawarkan Hikaru untuk bergabung dengan Insei, semacam lembaga bimbingan Go. Di sana Hikaru bertemu dengan teman baru, seperti Ochi,Suyon,Isumi,dan lain-lain. Tentu saja kesempatan Hikaru untuk menjadi pemain Go Profesional semakin lebar. Sementara itu, Akira telah resmi menjadi pemain professional setelah mengalahkan seorang pemain go senior. Sekarang, Akira tinggal menunggu Hikaru untuk menjadipemain pro dan menantangnya kembali.
Dua tahun telah berlalu, Hikaru sekarang telah menjadi pemain go professional. Hikaru yang dulu selalu bergantung dengan Sai sekarang menjadi lebih mandiri. Tiba-tiba hal yang aneh terjadi, Sai menghilang dari kamar Hikaru. Hikaru yang panic mencoba untuk mencari Sai, bahkan sampai ke makam Honinbo Shukaku(gelar Sai). Ia lalu membuat suatu keputusan, yaitu tidak bermain Go lagi agar Sai kembali. Namun, usaha itu sia-sia. Sai tetap menghilang dan Hikatu menyadari bahwa Sai menghilang karena ia telah mandiri dalam bermain Go. Pada akhirnya, Hikaru bertekad untuk meneruskan impian Sai untuk mencapai “Langkah Dewa”.
Digelar turnamen “Hokuto Cup” , turnamen Go beregu yang diikuti oleh tiga Negara, yaitu Jepang-Korea-China. Hikaru dan Akira terpillih menjadi wakil Jepang. Satu orang lagi yang menemani mereka adalah Kyoharu Yashiro, pemain go dari Kansai. Di Hokuto Cup, lawan pertamatim Jepang adalah tim China. Karena belum terbiasa dengan suasana formal,Hikaru dan Yashiro menjadi gugup dan akhirnua kalah. Sementara, Akira berhasil menang. Di pertandingan melawan Korea, Hikaru bersikeras untuk dijadikan kapten. Alasan Hikaru yaitu ingin melawan Ko Yonha, Kapten Korea. Sebelum dimulai Hokuto Cup, Ko Yonha mengeluarkan pernyataan bahwa Honinbo Shukaku bukanlah pemain hebat. Tentu saja, Hikaru marah karena ia merasa Sai dilecehkan. Meski sudah berusaha keras, Ko Yonha tetap terlalu kuat bagi Hikaru. Di lain pihak, ketua tiap-tiap tim dan Toya Meijin membahas tentang Sai.Mereka menyimpulkan bahwa Sai adalah Dewa Go yang diutus untuk menyampaikan suatu tujuan penting, yaitu “Menghubungkan masa lalu yang jauh dengan masa yang depan jauh”. Turnamen Hokuto Cup pun resmi berakhir dengan munculnya generasi masa depan dunia go Jepang.

Daftar Tokoh

Nama-nama ditulis dalam format Barat (nama depan sebelum nama keluarga) kecuali untuk Fujiwara-no-Sai.
  • Hikaru Shindo (進藤 ヒカル Shindō Hikaru) - Tokoh utama yang dibantu Sai.
  • Fujiwara-no-Sai (藤原佐為) - Hantu yang tidak dapat berhenti bermain Go dan guru Hikaru Shindo. Sai ingin dapat memainkan 'langkah terhebat' nya.
  • Akari Fujisaki (藤崎 あかり) - Teman kecil Hikaru. Dia juga ikut belajar bermain Go ketika Hikaru menjadi tertarik dan kemudian bergabung dengan grup Go SMP Haze.
  • Akira Toya (塔矢 アキラ Tōya Akira) - Rival terbesar Hikaru dan pelajar SMP Kaiō. Akira sudah merupakan seorang pemain yang hebat ketika Hikaru mulai bermain pertama kalinya dan dikejutkan kemampuan Hikaru yang kelihatnnya mustahil.
  • Yuki Mitani (三谷 祐輝 Mitani Yūki) - Seorang pemain di Klub Go SMP Haze yang berhasil mengatasi kebiasaan curangnya.
  • Tetsuo Kaga (加賀 鉄男) - Ketua klub shogi (catur Jepang) SMP Haze. Kaga membenci permainan Go karena dia lebih menyukai Shogi dan karena Toya lebih hebat daripadanya. Meskipun begitu, kadang-kadang dia masih bermain Go agar kemampuannya tidak menurun.
  • Kimihiro Tsutsui (筒井 公宏) - Seorang kutu buku optimis yang bergantung pada buku strategi. Dia juga merupakan pendiri klub Go SMP Haze.
  • Toya Meijin (塔矢 名人 Tōya Meijin) - Ayah Akira Toya. Nama aslinya adalah Koyo Toya (塔矢 行洋 Tōya Kōyō); Meijin merupakan gelar yang dia peroleh setelah mengalahkan pemain-pemain Go terhebat di Jepang.
  • Yoshitaka Waya (和谷 義高 Waya Yoshitaka) - "Kakak kelas" insei Hikaru.
  • Shinichiro Isumi (伊角 慎一郎 Isumi Shin'ichirō) - Insei yang sering meragukan dirinya sendiri ketika menghadapi ujian.
  • Atsushi Kurata (倉田厚 Kurata Atsushi) - Seorang Pemain Go profesional Jepang yang memiliki insting yang tajam dalam bermain Go, ia juga salah satu orang yang menyadari bakat Hikaru dalam bermain Go.

0 komentar:

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme